Dog I Love You

Dog I Love You

Selasa, 23 November 2010

Anjing Telepon 911, Selamatkan Majikan

PHOENIX, SELASA — Lagi-lagi kisah kecerdasan seekor anjing dalam menjaga majikannya kembali terdengar. Kali ini terjadi di Phoenix, AS, Rabu pekan lalu. Seekor anjing gembala Jerman bernama Buddy menelepon 911 untuk menyelamatkan majikannya yang mengalami keadaan kritis akibat sakit menahun di bagian kepalanya kambuh.

Dalam rekaman percakapan yang dimiliki 911, Buddy terdengar merengek, kemudian ia menyalak begitu operator mengeluarkan suara, ia terus menyalak saat operator kembali bertanya. "Halo, 911 di sini. Halo, dapatkah Anda mendengar saya? Adakah orang lain di sekitar telepon yang bisa berbicara?" kata operator Chris Trott.

Hanya berselang tiga menit, aparat kepolisian dikirim ke rumah Joe Stalnaker, seorang veteran perang yang menjadi tuan dari si anjing pintar itu. Begitu mendengar ada orang yang mendekat ke arah rumah tuannya, gonggongan Buddy semakin keras.

Berkat upaya Buddy, Stalnaker berhasil dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif. Ia menghabiskan waktu dua hari di rumah sakit untuk memulihkan kondisinya sebelum diperbolehkan kembali ke rumah. "Ini luar biasa," kata Mark Clark, petugas kepolisian yang menangani kasus tersebut.

Clark menerangkan, nama dan alamat Stalnaker memang sudah ditandai dalam sistem data di layanan 911, Scottsdale. Dalam sistem tersebut teridentifikasi bahwa di nomor telepon Stalnaker akan ada kemungkinan sambungan telepon dilakukan oleh anjing.

Buddy sendiri merupakan anjing terlatih yang bertugas menjaga majikannya yang mengalami keterbatasan. Anjing berumur 18 bulan itu diadopsi oleh Stalnaker saat berusia delapan bulan. Sebelumnya, Buddy sudah mendapat pelatihan khusus lembaga pelatihan hewan di Michigan.

Hebatnya Buddy, sambungan telepon yang dilakukannya kali ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya ia sudah dua kali berhasil menyelamatkan nyawa majikannya dengan cara yang sama. Stalnaker adalah veteran yang mengalami cedera serius pada bagian kepala saat menjalani pelatihan militer 10 tahun silam. Akibat cedera itu, Stalnaker kerap mengalami kehilangan kesadaran. Sayangnya, hingga berita ini diturunkan Stalnaker tidak memberikan tanggapan atas permintaan wawancara.

 fakta:
Buddy telah dipelihara Stalnaker sejak berusia delapan minggu. Saat ini Buddy telah berusia 18 bulan. Anjing ini memang telah dilatih secara khusus untuk membuat panggilan telepon. Hal itu tak lain adalah untuk menjaga majikannya jika mengalami kejang akibat luka di kepala yang dideritanya 10 tahun lalu saat mengikuti latihan militer.



sumber: www.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar